Macam Macam Bahan Galian Menurut Cara Terbentuknya

materi ajar ipa smp kelas 7 tentang Macam Macam Bahan Galian Menurut Cara Terbentuknya kurikulum 2013

Macam Macam Bahan Galian Menurut Cara Terbentuknya. Berdasarkan wujudnya, bahan galian dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu padat, cair dan gas. Bahan galian dibedakan pula menurut cara terbentuknya sebagai berikut.

1. Bahan magmatik, terjadi dari magma, bertempat di dalam atau berhubungan,dekat dengan magma.

2. Behan galian pegmatik, terbentuk di dalam diatrema dan dalam bentukan intrusi (apofisa dan sebagainya).

3. Bahan galian hasil metamorfosis kontak, yaitu batuan sekitar magma (country rock) yang karena bersentuhan dengan magma, maka berubah menjadi mineral ekonomik.

4. Bahan hidrotermal, yaitu resapan magma cair yang membeku terakhir di sela-sela struktur lapisan bumi atau pada lapisan yang poreus dalam lingkungan suhu yang relatif rendah (di bawah 500C).

5. Bahan galian hasil pengendapan, yaitu bahan galian yang terkonsentrasi karena pengendapan di dasar sungai atau genangan air, melalui proses pelarutan ataupun tidak.

6. Bahan galian hasil pengayaan sekunder, yaitu bahan galian yang terkonsentrasi karena proses pelarutan pada batuan hasil pelapukan. Konsentrasi terjadi di tempat asal batuan tersebut karena bagian campurannya larut dan terbawa air atau konsentrasi mineral di permukaan air tanah. Karena mineral itu terbawa ke lapisan yang lebih rendah setelah dilarutkan dari lapisan batuan di atasnya.

Bahan galian magmatik terdapat di dalam batuan beku dalam, seperti intan yang digali orang di Kimberly, Afrika Selatan. Di Indonesia masih sukar dicari contohnya, karena aktivitas vulkanisme masih kuat.

Bijih emas dan perak yang terdapat dekat dengan permukaan bumi terjadi karena terbawa magma cair melalui celah-celah dan setelah cairannya membeku tinggal di dalam gang atau apofisa. Mineral seperti itu merupakan mineral hidrotermal.

Intan di dasar Sungai Negara (Barito) dan emas di dasar Sungai Sampit adalah contoh endapan mineral (placer). Konsentrasi gumpalan zat besi di permukaan bumi, karena zat lain terlarut dan meresap ke lapisan dalam. Seperti pada proses laterisasi, yang merupakan contoh pengayaan sekunder.

0 Response to "Macam Macam Bahan Galian Menurut Cara Terbentuknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel