Pengertian Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit Dan Contohnya

Pengertian Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit Dan Contohnya. Hubungan yang terjadi antarmakhluk hidup  tidak selamanya menguntungkan. Ada beberapa hubungan yang bersifat merugikan. Berdasarkan hal tersebut, dikenal tiga macam tumbuhan, yaitu tumbuhan parasit, tumbuhan epifit, dan tumbuhan saprofit.

Pengertian Tumbuhan Parasit Dan Contohnya

Tumbuhan parasit adalah tumbuhan yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain serta mengambil
makanan dari tumbuhan lain yang ditumpanginya. Tumbuhan yang ditumpangi disebut tumbuhan inang. Jumlah makanan tumbuhan inang akan terus berkurang karena diambil oleh tumbuhan parasit. Akibatnya, tumbuhan inang akan kekurangan makanan sehingga akhirnya mati. Jadi, tumbuhan parasit tergolong tumbuhan yang merugikan. Contoh tumbuhan parasit adalah pasilan dan kemladean.

Materi Ajara IPA Tentang Pengertian Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit Dan Contohnya


Pengertian Tumbuhan Epifit Dan Contohnya

Tumbuhan epifit adalah tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain, tetapi ia mencari makanan sendiri. Contohnya, tumbuhan paku dan anggrek. Beberapa ahli tumbuhan mengatakan, meskipun tumbuhan epifit tidak mengambil makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya, namun tetap merugikan walaupun sedikit. Mengapa demikian? Sebab keberadaannya yang agak besar dan lebar dapat menghalangi sinar matahari sehingga tidak dapat diserap tumbuhan inangnya. Tumbuhan epifit disebut juga tumbuhan parasit ruangan.

Materi Ajara IPA Tentang Pengertian Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit Dan Contohnya

Pengertian Tumbuhan Saprofit Dan Contohnya

Tumbuhan saprofit adalah tumbuhan yang tumbuh pada makhluk hidup yang telah mati. Tumbuhan saprofit membantu proses pembusukan. Dari pembusukan akan diperoleh zat-zat yang lebih sederhana. Zat-zat sederhana ini berguna untuk menyuburkan tanah atau dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang lain.

Salah satu contoh tumbuhan saprofit adalah jamur. Pernahkah kamu melihat jamur yang sedang tumbuh pada tanaman mati? Bagaimana bentuknya? Adakah jamur yang tumbuh pada tanaman yang masih hidup? Coba diskusikan hal ini dengan teman-teman dan gurumu! Jamur ada yang beracun, ada pula yang dapat dimakan. Contoh jamur yang dapat dimakan, antara lain, jamur merang dan jamur kuping.

Materi Ajara IPA Tentang Pengertian Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit Dan Contohnya

Demikianlah tentang Pengertian Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit Dan Contohnya diatas, semoga bermanfaat. Silahkan di share kembali via facebook atau twitter. Terimakasih.


4 Responses to "Pengertian Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit Dan Contohnya"

  1. Bermanfaat, membantu banget artikelnya! terimakasih!

    ReplyDelete
  2. Epifit = parasit ruangan ?? Merugikan ??
    Disisi lain jg menguntungkan, knapa tdk disampaikan ??
    Seberapa kerugian nya dibanding keuntungan nya ??
    Janganlah menyebarkan opini u/"bahan ajar", hrs berdasar penelitian/riset.. opini yg tdk benar & fair, tp disebarluaskan scara berkesinambungan a/menjadi "pem-benar-an"

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel