Efek Rumah Kaca

pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global serta gas gas yang menjadi pemicu terjadinya pemanasan global serta contoh dampaknyaMateriajar.com - Halo apa kabar Sobat Web Materi Ajar, senang sekali hari ini bisa berbagi ilmu pengetahuan. Khusus hari ini akan dibahas tentang efek rumah kaca. Pada penjabaran dibawah ini dijelaskan tentang apakah komponen komponen atau gas gas pemicu terjadinya efek rumah kaca ?, apakah pengertian dari efek rumah kaca ?, Bagaimana terjadinya proses pemanasan global, serta apa dampak atau efek efek dari pemanasan global ?. Nah dibawah ini adalah sedikit penjalasan ataupun rangkuman dari materi ajar efek rumah kaca.

Efek Rumah Kaca. Di atmosfer Bumi terdapat banyak gas-gas rumah kaca alami. Siklus air, karbon dioksida (CO2), dan metana adalah beberapa bagian penting yang ada di dalamnya yang merupakan gas gas pemicu terjadinya efek rumah kaca. Tanpa adanya gas-gas rumah kaca tersebut, kehidupan di Bumi tidak akan terjadi. Seperti halnya planet Mars, Bumi juga akan menjadi sangat dingin apabila tidak terdapat gas-gas rumah kaca di atmosfernya.

Proses Terjadinya Pemanasan Global ( Global Warming )
Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas. Prosesnya, yaitu ketika radiasi sinar matahari mengenai permukaan Bumi, maka akan menyebabkan Bumi menjadi panas. Radiasi panas Bumi akan dipancarkan lagi ke atmosfer. Panas yang kembali dipantulkan oleh bumi terhalang oleh polutan udara sehingga terperangkap dan dipantulkan kembali ke Bumi. Proses ini akan menahan beberapa panas yang terperangkap dan kemudian menyebabkan suhu Bumi meningkat. Dengan demikian, Bumi tetap menjadi hangat dan suhunya semakin meningkat.

Para ilmuwan telah mempelajari efek rumah kaca sejak tahun 1824. Joseph Fourier menyatakan bahwa Bumi akan jauh lebih dingin jika tidak memiliki atmosfer. Adanya gas-gas rumah kaca inilah yang membuat iklim Bumi layak huni. Tanpa adanya efek rumah kaca, permukaan Bumi akan berubah sekitar 600F atau 15,60 C lebih dingin.

Apakah Dampak / Efek Rumah Kaca / Pemanasan Global ?
Sebenarnya tidak ada dampak efek rumah kaca yang secara langsung dirasakan bagi kehidupan, tetapi efek rumah kaca ini menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global yang sangat dampaknya begitu sangat mengkhawatirkan. Dan inilah berbagai macam dampak/ akibat dari pemanasan global bagi kehidupan dimuka bumi:


  • Semakin lama suhu dipermukaan bumi semakin panas.
  • Terjadinya anomali cuaca antara siang dan malam.
  • Salju-salju atau es-es abadi didaerah Kutub mencair
  • Meningkatnya permukaan air laut.
  • Meningkatnya intensitas terjadinya badai.
  • Sering terjadinya bencana alam.
  • Terjadinya fenomena kekeringan dan gagal panen.
  • Produksi pertanian semakin lama semakin menurun.
  • Terjadinya bencana kelaparan dan gizi buruk.
  • Merebaknya berbagai macam penyakit.
  • Diprediksikan jutaan spesies mahluk hidup akan punah.


Demikianlah penjelasan tentang efek rumah kaca yang sudah sobat pelajari pada kesempatan kali ini, kurang dan lebihnya mohon maaf. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Efek Rumah Kaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel