Rantai Makanan ( Produsen - Konsumen - Pengurai - Abiotik )

Rantai Makanan ( Produsen - Konsumen - Pengurai - Abiotik )

Rantai Makanan ( Produsen - Konsumen - Pengurai - Abiotik ). Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup. Dalam rantai makanan, makhluk hidup dapat dikelompokan menjadi sebagai berikut :

Baca Juga:

Produsen
Produsen adalah penghasil makanan bagi makhluk hidup lainnya seperti : sapi, kuda, kambing, rumput, tananam padi, dan lain sebagainya.

Konsumen
Konsumen atau predator adalah pemangsa makhluk hidup lainnya. Konsumen dikelompokan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut :

Konsumen tingkat pertama, yaitu hewan yang memakan tumbuhan antara lain, ulat, belalang, tikus dan lain lain

Konsumen tingkat kedua, yaitu hewan yang memakan konsumen tingkat pertama, diantaranya ular, burung, dll

Konsumen tingkat ketiga, yaitu hewan yang memakan konsumen tingkat kedua, antara lain elang, singa, harimau, dll.

Pengurai
Selain produsen dan konsumen, dalam rantai makanan juga terdapat pengurai. Pengurai adalah pemakan bangkai makhluk hidup lainnya yang telah membusuk, misalnya bakteri pembusuk, belatung, dan lain sebagainya. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.

Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton, yaitu sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), sedangkan konsumen II-nya adalah ikan-ikan kecil, konsumen III-nya ikan-ikan sedang, konsumen IV-nya ikan-ikan besar.

Komponen Abiotik
Komponen abiotik adalah tempat tumbuhan hijau (produsen) tumbuh. Kesuburan lingkungan abiotik ditentukan oleh kerja pengurai. Hubungan antarkomponen dalam ekosistem dapat dilihat pada bagan berikut.

Demikianlah penjelasan tentang Rantai Makanan - Produsen - Konsumen - Pengurai - Abiotik diatas semoga bisa menjadi wawasan bagi kita semuanya, silahkan di share. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Rantai Makanan ( Produsen - Konsumen - Pengurai - Abiotik )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel