Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Vegetatif

Nama nama hewan yang berkembang biak dengan cara vegetatif ( tidak kawin ). Selamat datang sobat materi ajar dot com. Pada postingan yang lalu sobat sudah belajar tentang perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Tahukah kamu bahwa perkembangbiakan tersebut adalah perkembangbiakan generatif pada hewan?

Selain berkembang biak dengan cara generatif, ada beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara vegetatif. Hal ini terjadi karena hewan tersebut merupakah hewan yang susunan tubuhnya sederhana, yaitu hewan yang tidak dilengkapi dengan kelamin jantan dan kelamin betina.

Dibawah ini adalah beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara vegetatif, yaitu :

Hydra
Hydra berkembang biak dengan cara bertunas. Pada hydra akan muncul tunas baru dari tubuh hydra dewasa. Setelah cukup besar, tunas tersebut akan melepaskan diri. Tunas yang melepaskan diri itulah yang akan menjadi hydra baru.

planaria - hydra - amoeba

Planaria
Planaria berkembang biak dengan cara fragmentasi/pemutusan bagian tubuhnya. Planaria dewasa akan memutuskan bagian tubuhnya. Potongan tubuh tersebut akan berkembang dan menjadi planaria baru.

Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Vegetatif

Amoeba
Amoeba adalah hewan bersel satu yang berkembang biak dengan cara membelah diri. Hewan ini
mempunyai inti sel. Awalnya inti sel membelah menjadi dua bagian. Setelah itu, hewan baru akan diikuti dinding dan cairan selnya. Hasil pembelahannya menjadi dua amoeba baru.

Demikianlah update postingan tentang materi ajar ipa bahasan Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Vegetatif  ini, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Vegetatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel