Pengertian Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme Beserta Contohnya

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme Beserta Contohnya. Berdasarkan beberapa hubungan makhluk hidup, dikenal hubungan yang bersifat khusus. Hubungan khusus antarmakhluk hidup ini disebut simbiosis. Simbiosis dapat dibedakan, sebagai berikut.

Pengertian Simbiosis Mutualisme Dan Contohnya

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan. Contohnya, simbiosis antara seekor kerbau dengan burung jalak. Kerbau memperoleh keuntungan dengan habisnya kutu-kutu yang menempel di tubuhnya, sedangkan burung jalak merasa untung karena mendapatkan makanan berupa kutu.

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme Beserta Contohnya

Pengertian Simbiosis Parasitisme Dan Contohnya

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang memperlihatkan makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup lainnya mendapatkan kerugian.
Contohnya, hubungan yang terjadi antara tanaman jeruk dengan benalu. Benalu merasa untung karena mendapatkan makanan dari tanaman jeruk, sedangkan tanaman jeruk dirugikan karena makanannya diambil oleh benalu.

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme Beserta Contohnya


Pengertian Simbiosis Komensalisme Dan Contohnya

Simbiosis komensalisme adalah hubungan yang menguntungkan salah satu pihak. Kamu tentu pernah mendengar nama ikan hiu dan ikan remora, bukan? Simbiosis komensalisme jelas terlihat antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang menempel di dekat tubuh ikan hiu akan turut menjelajah ke mana pun ikan hiu itu pergi. Ikan remora menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut terhadap ikan hiu.

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme Beserta Contohnya
Demikianlah sobat tentang Pengertian Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme Beserta Contohnya diatas semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam.

Predasi

Predasi adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup, dimana satu makhluk hidup memangsa makhluk hidup lainnya. Dalam predasi, hewan pemangsa disebut  predator. Contoh predasi : Harimau memangsa rusa dan ular sawah memangsa tikus. Dalam hal ini yang menjadi preador adalah harimau dan ular sawah.

Jangan Lupa Like dan Share Via Facebook atau Twitter ! Trims

0 Response to "Pengertian Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel