Macam Macam Jaringan Pada Hewan

Materiajar.com - Macam Macam Jaringan Pada Hewan. Pada makhluk hidup yang tersusun oleh banyak  sel, ada sekumpulan  sel yang bertugas menjalankan suatu tugas tertentu.  Dengan demikian, pada makhluk hidup bersel banyak terdapat beberapa  sel yang secara terkoordinasi menjalankan suatu fungsi tertentu. Sekumpulan  sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama disebut jaringan.

Baca Juga : Jenis jenis daun


Jaringan Hewan

Pada hewan kita dapat menemukan empat macam jaringan, yaitu  jaringan epitel,  jaringan ikat, jaringan otot, dan  jaringan saraf.

a. Jaringan Epitel

Jaringan epitel merupakan sekumpulan  sel yang tersusun sangat rapat. Menutupi permukaan tubuh dan organ-organ dalam tubuh. Jaringan epitel berfungsi untuk melindungi  jaringan- jaringan yang ada di bawahnya. Contoh  jaringan epitel, yaitu  jaringan epidermis (bagian terluar kulit).

materi ajar ipa smp kelas 7 tentang macam macam jaringan pada hewan, jaringan saraf, jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat serta dengan fungsinya

Macam-macam  jaringan epitel, yaitu
(a) epitel pipih sederhana,
(b) epitel kubus sederhana, dan
(c) epitel silindris sederhana.

Baca Juga :

b. Jaringan Ikat

Jika pada  jaringan epitel  sel-selnya rapat satu sama lain, pada  jaringan ikat justru sebaliknya. Sel- sel  jaringan ikat tersusun berjauhan satu-sama lain. Di antara  sel- sel  jaringan ikat terdapat matriks (cairan dan serat) yang dihasilkan oleh sel  jaringan ikat. Jaringan ikat berfungsi menunjang dan mengikat berbagai  jaringan lain. Contoh  jaringan ikat, yaitu jaringan darah,  jaringan lemak, jaringan tulang, dan  jaringan kolagen.

c. Jaringan Otot

Jaringan otot tersusun oleh  sel- sel yang mampu berkontraksi (memendek). Fungsi  jaringan otot adalah untuk berkontraksi. Gerakan alat-alat tubuh kita hanya dimungkinkan apabila otot-otot tubuh kita memendek dan memanjang. Contohnya, otot yang melekat pada tulang (otot lurik), otot jantung, dan otot pembentuk usus (otot polos).

materi pembahasan tentang Macam Macam Jaringan Pada Hewan

Macam-macam  jaringan otot,  yaitu 
(a)  otot lurik, 
(b)  otot polos, dan 
(c)  otot jantung.

d. Jaringan Saraf

Jaringan saraf tersusun oleh  sel- sel saraf. Sel saraf berfungsi menghantarkan rangsangan dan beberapa fungsi lain, misalnya berpikir dan mengontrol otot. Contoh  jaringan saraf, yaitu  jaringan otak dan sumsum tulang belakang. Jaringan saraf tersususn oleh  sel- sel saraf yang terdiri dari bada sel saraf, dendrit, dan akson. Perhatikanlah gambar sel saraf pada yang menyusun  jaringan saraf pada gambar.

materi ajar ipa smp kelas 7 tentang macam macam jaringan pada hewan, jaringan saraf, jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat serta dengan fungsinya


Demikianlah penjelasan tentang Macam Macam Jaringan Pada Hewan, semoga materi ajar ipa ini bisa membantu sobat semua dalam menyelesaikan tugas, serta bisa menjadi dan menambah wawasan.

0 Response to "Macam Macam Jaringan Pada Hewan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel