Struktur Sel: Dinding Sel, Membran Plasma, Sitoplasma, Inti Sel

Materiajar.com - Struktur  sel secara umum dari yang paling luar ke yang paling dalam. Mulai dari dinding  sel, membran plasma, sitoplasma, hingga inti  sel.

Dibawah ini akan dibahas mengenai fungsi dari dinding sel, susunan dan fungsi membran sel, susunan fungsi dan macam macam organel pada sitoplasma, serta fungsi dan peran inti sel.

materi ajar smp kelas 7 kurikulum 2013 tentang Struktur Sel: Dinding Sel, Membran Plasma, Sitplasma, Inti Sel semester 1


Berikut adalah penjelasan Struktur Sel: Dinding Sel, Membran Plasma, Sitoplasma, Inti Sel


Dinding Sel

Dinding  sel hanya terdapat pada  sel tumbuhan saja. Apabila kamu mengamati sayatan bagian tumbuhan, bagian paling luar dan agak tebal itulah dinding  sel. Dinding  sel membuat  sel tumbuhan lebih kaku dan lebih kuat dibandingkan  sel hewan. Dinding  sel tumbuhan tidak seperti tembok yang tidak dapat dilalui apapun. Dinding  sel  tumbuhan terbuat dari bahan selulosa sehingga masih bisa dilewati air dan zat-zat yang terlarut di dalamnya.

Membran Plasma

Membran plasma sering juga disebut selaput plasma. Pada  sel hewan, membran plasma merupakan lapisan yang paling luar. Lapisan ini sangat tipis sehingga kamu tidak bisa melihatnya dengan hanya menggunakan mikroskop cahaya.  Membran plasma tersusun atas lemak dan protein. Oleh karena itu, bersifat selektif permeabel. Artinya, ada zat tertentu yang dapat masuk dengan mudah dan ada zat tertentu tidak dapat atau sulit melewatinya. Oleh karena itulah membran plasma berfungsi mengatur keluar dan masuknya zat ke dalam  sel.

Sitoplasma

Sitoplasma merupakan isi  sel. Sitoplasma tersusun atas air dan bahan-bahan kimia yang terlarut seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Oleh karena itu, pada  sel tumbuhan yang sudah mati akan tampak kosong sebab cairan dan benda yang lain sudah tidak ada. 

Dalam sitoplasma terdapat organ-organ kecil yang merupakan “mesin”  sel. Oleh karena organ-organ tersebut ber ukuran kecil maka mereka disebut organel. Organelorganel inilah yang sesungguhnya menjalankan fungsi-fungsi kehidupan sel, seperti mencerna makanan, menguraikan makanan, membentuk sel baru, dan membentuk energi.

Beberapa organel penting di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Lisosom: berfungsi mencerna makanan.
b. Mitokondria: berfungsi sebagai tempat pernapasan  sel.
c. Ribosom: berfungsi sebagai tempat pembuat protein.
d. Kloroplas: berfungsi sebagai tempat fotosintesis.
e. Retikulum endoplasma: berfungsi sebagai tempat   pembuatan berbagai lemak.

Organel-organel tersebut ukurannya cukup kecil. Oleh karena itu, untuk melihatnya diperlukan mikroskop yang mampu melakukan pembesaran yang cukup kuat.


Inti Sel

Inti merupakan badan di dalam sitoplasma yang ukurannya paling besar. Inti memegang peranan penting sebab di dalam inti terdapat materi inti yang berperan dalam pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel