Proses Pernapasan Dada dan Perut Pada Manusia

Proses Pernapasan Dada dan Perut Pada Manusia. Bernapas meliputi dua proses, yaitu menarik napas (inspirasi) dan mengeluarkan napas (ekspirasi). Berdasarkan cara masuknya udara dalam paru-paru, maka proses pernapasan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

Baca Juga : Paru Paru dan Cara Merawatnya

materi ajar tentang Proses Pernapasan Dada dan Perut Pada Manusia


Pernapasan Dada

Waktu  Menarik Napas
Otot yang bekerja pada waktu menarik napas adalah otot tulang rusuk sebelah luar dan diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga perut dan rongga dada. Pada waktu menarik napas; otot tulang rusuk naik ke atas, tulang dada naik ke atas dan ke depan, diafragma akan mendatar karena ototnya berkerut. Rongga dada membesar, paru-paru berkembang sehingga udara masuk ke dalam paru-paru.

Baca Juga : Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Daur Hidup Hewan


Waktu Menghembuskan Napas
Pada waktu menghembuskan napas, otot tulang rusuk sebelah luar mengendur, diafragma kembali ke keadaan semula, yaitu berbentuk cembung. Rongga dada mengecil sehingga udara keluar.

Pernapasan Perut
Waktu Menarik Napas
Otot tulang rusuk sebelah luar dan diafragma berkontraksi lebih kuat. Rongga dada membesar, isi rongga perut tertekan, tekanan dalam rongga dada mengecil. Selanjutnya, udara masuk ke dalam paru-paru.


Baca Juga: Upaya Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan

Waktu Menghembuskan Napas
Pada waktu menghembuskan napas, otot tulang rusuk sebelah dalam berkerut. Otot berkerut menekan diafragma. Rongga dada mengecil. Akibatnya, udara dalam paru-paru keluar.

0 Response to "Proses Pernapasan Dada dan Perut Pada Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel