Hewan dengan Alat Pernapasan Insang

Halo Kawan, ketemu lagi kita ya !. kali ini admin akan menghadirkan materi ajar tentang alat pernapasan pada hewan, seperti yang kita ketahui bahwa hewan ini ada yang bernapas dengan insang dan juga ada yang bernapas dengan paru paru. Adapun yang akan dibahas kali ini adalah tentang Hewan Dengan Alat Pernapasan Insang. Seperti apa penjelasannya nyok kita simak dibawah ini.

Penjelasan materi ajar ipa tentang hewan dan alat pernapasan insang

Hewan dengan Alat Pernapasan Insang Umumnya, hewan yang hidup di air bernapas dengan insang. Akan tetapi, ada juga hewan yang hidup di air yang bernapas dengan paru-paru. Misalnya, paus, lumba-lumba,
dan pesut.


Baca Juga : Proses Pernapasan Dada Dan Perut Pada Manusia

Ikan ada yang hidup di air tawar, air laut, atau air payau. Adakah ikan yang dapat hidup di ketiga tempat tersebut? Kalau ada, berikan contohnya!

Alat pernapasan ikan adalah insang, yang berada di sisi kepala. Bentuknya seperti sisir. Insang terdiri atas tiga bagian, sebagai berikut.

a. Rigi-rigi insang, berfungsi sebagai alat penyaring air agar kotoran tidak masuk ke dalam lembaran insang.

b. Lembaran-lembaran insang, berguna untuk menyerap udara dari dalam air.

c. Lengkung insang, berguna sebagai tempat melekatnya lembaran insang.



Baca Juga : Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Hewan

Bagaimanakah cara ikan bernapas? Seperti yang telah kamu ketahui, di dalam air terdapat udara. Saat bernapas, ikan memasukkan air lewat mulut. Kemudian, air dialirkan ke dalam insang. Dalam insang inilah oksigen diserap. Sisa pernapasan yang berupa karbondioksida dikeluarkan bersama dengan air melalui insang. Udang dan belut juga bernapas dengan insang.

Demikianlah penjelasan tentang Hewan Dengan Alat Pernapasan Insang diatas semoga bisa menambah wawasan kita semuanya.

0 Response to "Hewan dengan Alat Pernapasan Insang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel