Bagian, Jenis dan Fungsi Batang

Batang adalah bagian tanaman yang menempel pada akar dan berada di atas permukaan tanah. Arah pertumbuhan batang berlawanan dengan akar. Umumnya batang tumbuh mengikuti arah sinar matahari. Batang merupakan bagian tanaman tempat keluar dan menempelnya bagian daun, bunga, dan buah. Beberapa jenis tanaman memiliki batang yang bercabang dan beberapa jenis lainnya tidak. Beberapa jenis tanaman juga memiliki batang yang berkayu dan beberapa jenis yang lainnya tidak.

 
Bagian-Bagian Batang
Pada tanaman berkayu, batang tersusun dari beberapa lapisan. Lapisan pertama disebut dengan pembuluh tapis yang bertugas mengangkut makanan hasil fotosistesis ke semua bagian tumbuhan. Di bagian dalam pembuluh tapis, terdapat lapisan kambium yang berlendir. Di bagian dalam lapisan kambium, terdapat pembuluh kayu yang berguna untuk mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar menuju daun.

struktur bagian bagian batang
Jenis-Jenis Batang
Berdasarkan kandungan kambiumnya, terdapat batang yang berkambium dan batang yang tidak berkambium. Contoh tanaman yang memiliki batang berkambium adalah pohon jati dan pohon mangga. Sementara itu, contoh tanaman yang batangnya tidak berkambium adalah pohon pisang dan rumputrumputan.

Batang tanaman dapat pula dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu batang berbentuk pohon seperti pohon jambu, batang berbentuk semak atau perdu seperti pada tanaman mawar, dan batang berbentuk rumput seperti pada tanaman padi.


Fungsi Batang
Fungsi batang bagi tumbuhan, antara lain seperti berikut
1) Sebagai penyokong tubuh tumbuhan
2) Sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah.
3) Mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar ke daun.
4) Menyebarkan makanan dari daun ke semua bagian tumbuhan
5) Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya pohon tebu)


0 Response to "Bagian, Jenis dan Fungsi Batang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel