Bagian-Bagian Bunga Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Bunga Dan Fungsinya. Bagian-bagian bunga yang dimaksud adalah Putik, Mahkota, Benang Sari, Kelopak dan Tangkai. Materi pelajaran ini merupakan kelanjutan dari materi Bagian bagian tumbuhan dan fungsinya serta macam-macam penyerbukan pada bunga.
 
Adapun pembahasan Bagian-bagian bunga dan Fungsinya adalah sebagai berikut:

Bagian-Bagian Bunga Dan Fungsinya, putik, benangsari, mahkota, tangkai, tangkai

Bagian bunga "Putik" dan fungsinya
Putik terdapat di bagian tengah-tengah bunga. Biasanya, putik dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik. Pada bagian dasar tangkai putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Apabila serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan awal dari perkembangbiakan pada tumbuhan.

Bagian bunga "Benang Sari" dan Fungsinya
Benang sari terdapat pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari.

Bagian bunga "Mahkota" dan fungsinya
Mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan.

Bagian bunga "Kelopak" dan fungsinya
Kelopak bunga merupakan bagian yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.

Bagian Bunga "Tangkai" dan fungsinya
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.

Teman yang lain juga membaca materi :

0 Response to "Bagian-Bagian Bunga Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel