Bagian, Fungsi dan Jenis-jenis Akar

Akar adalah bagian tumbuhan yang menghubungkan bagian tubuh tanaman dengan tanah atau media tempat tanaman tersebut tumbuh. Akar umumnya tumbuh ke bawah ke tanah searah dengan gaya gravitasi bumi.

Bagian-Bagian Akar
Secara umum akar terdiri atas akar utama, cabang akar, dan rambut akar. Akar utama adalah bagian akar yang cukup besar, berbentuk mengerucut dan tumbuh lurus menembus tanah. Pada akar utama, tumbuh cabang akar dan rambut akar.

pengertian, bagian, fungsi dan jenis jenis akar pada tumbuhan

Jenis-Jenis Akar
Akar dapat digolongkan ke dalam 2 jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk serabut berukuran kecil-kecil. Akar serabut tidak memiliki akar utama sehingga ukuran akar yang satu dengan yang lainnya relatif sama. Tanaman yang memiliki akar serabut umumnya merupakan golongan monokotil (berkeping biji satu). Contoh tanaman yang berakar serabut adalah padi, pohon kelapa, dan rumput-rumputan.

Sementara itu, akar tunggang terdiri dari satu batang induk berukuran cukup besar. Pada bagian akar induk, tumbuh akar-akar cabang dengan ukuran yang lebih kecil. Tanaman yang memiliki akar tunggang umumnya merupakan golongan dikotil (berkeping biji dua). Contoh tanaman yang berakar tunggang adalah pohon mangga, jambu, dan jeruk.

Selain akar serabut dan akar tunggang, terdapat beberapa jenis akar khusus, yaitu akar tunjang (akar pandan), akar gantung (akar pohon beringin), akar isap (akar anggrek dan benalu), akar lekat (akar sirih), dan umbi akar (akar kentang).

Fungsi Akar
Akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting. Keberadaan akar pada tumbuhan sangat menentukan kelangsungan hidup tumbuhan. Fungsi akar bagi tumbuhan di antaranya seperti berikut.
1). Menunjang berdirinya tumbuhan
2). Menyerap air dan mineral-mineral dari dalam tanah
3). Tempat menyimpan cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya ubi kayu)

Meteri yang beruhubungan adalah :

0 Response to "Bagian, Fungsi dan Jenis-jenis Akar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel