Soal Latihan PAI SMP Kelas 7 Bab 1 + Kunci Jawaban

Soal Latihan PAI SMP Kelas 7 Bab 1 + Kunci Jawaban. Berikut merupakan soal latihan/ ulangan harian/ ujian semester 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab1 "Lebih Dekat dengan Allah  Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya "Kurikulum 2013/ Kurtilas/ K 13 edisi revisi tahun 2017 halaman 12-14 dilengkapi dengan jawabanya.
Soal Latihan PAI SMP Kelas 7 Bab 1 + Kunci Jawaban, ulangan, ujian, k 13, kurikulum 2013, edisi revisi, agama islam, budi pekerti

Berikuat adalah Soal Ulangan PAI dan BP Kls 7 SMP/ MTs Bab 1 dan Jawaban, yaitu :

1. Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari...
Jawab : Iman
2. Fatimah disuruh membeli minyak goreng di sebuah warung. Ketika menerima uang kembalian, ia tahu bahwa jumlahnya lebih dari seharusnya, lalu ia mengembalikannya. Ia sadar bahwa Allah Swt. selalu mengawasi perbuatannya, karena Allah Swt. bersifat ...
Jawab : Al-Basir
3. Subhanallah, indahnya alam semesta dengan segala isinya. Semuanya tercipta dengan teratur dan seimbang. Fenomena alam tersebut merupakan bukti bahwa Allah Maha...
Jawab : Teliti/ Waspada
4. Hasan selalu berhati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatannya, karena ia yakin bahwa Allah Swt. senantiasa mendengarnya. Perbuatan tersebut merupakan pengamalan dari keyakinannya bahwa Allah Swt. bersifat ...
Jawab : As-sami'
5. Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al- Alim adalah ...
Jawab : rajin dalam menimba ilmu
6. Allah Swt. sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan. Allah Swt. Maha Mengetahui merupakan makna dari.. 
Jawab : Al-Alim
7. Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Khabir adalah ...
Jawab : bersemangat dan kreatif dalam segala hal
8. Allah Swt. Maha Mendengar suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya. Allah Swt. Maha Mendengar merupakan makna dari...
Jawab : As-Sami'
9. Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. pun melihat apa yang ada di bumi dan di langit. Allah Maha Melihat merupakan makna ...
Jawab : Al-Basir
10. Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah...
Jawab : Introspeksi diri demi kembaikan

Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!
1. Apa yang kamu ketahui tentang iman? Jelaskan!
Secara harfiah iman berarti percaya, sedangkan menurut istilah, iman berarti percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan dengan perbuatan.
2. Mengapa Allah Swt. itu indah nama-nama-Nya?
Menurut istilah, Asmaul Husna adalah nama-nama yang indah bagi Allah. Asmaul Husna hanya layak disandang oleh Allah SWT, sesuai kebesaran dan keagungan-Nya. Asmaul husna Allah bersifat sempurna. Asmaul Husna menunjukkan nama-nama, sebutan, gelar, sifat-sifat Allah SWT yang indah dan baik.
3. Mengapa Allah itu al- Alim? Sebutkan bukti-buktinya!
Al- Alim artinya Maha Mengetahui. Allah Swt. Maha Mengetahui yang tampak atau yang gaib. Pe ngetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah Swt. Bahkan, peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt. Dengan kata lain, pengetahuan Allah Swt. itu tanpa batas.
4. Mengapa Allah itu al-Khabir? Sebutkan bukti-buktinya!
Al-Khabir artinya Mahawaspada, mengetahui perkara yang tersembunyi. Allah Swt. menciptakan  milyaran makhluk dengan berbagai ragamnya. Semuanya diketahui oleh Allah dengan detail, penuh kecermatan dan kewaspadaan, baik secara lahir maupun batin. Tidak ada satu pun ciptaan Allah Swt. yang salah sasaran. Ini menandakan bahwa Allah Mahawaspada.
5. Mengapa Allah itu as-Sami’? Sebutkan bukti-buktinya!
As-Sami’ artinya Maha Mendengar. Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apapun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya, meskipun suara itu sangat pelan.

6. Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!
Al-Basir artinya Maha Melihat. Allah Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. melihat apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan seluruh alam semesta ini dapat dipantau.
7. Berikan 2 contoh perilaku al- Alim dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!
Disekolah kita berusaha belajar dengan sungguh sungguh, menyimak penjelasan guru, sehingga kita dapat mengerti ilmu yang disampaikan oleh guru. Sedangkan di rumah kita masih harus mencari ilmu tiadak hentinya seperti mengaji atau mendatangi guru ngaji untukbelajar ilmu agama.
8. Berikan 2 contoh perilaku al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!
Kita harus waspada dan cermat dalam melaksanakan kegiatan di rumah seperti, berhati hati ketika akan berangkat kemana mana, jika tidak ada orang dirumah usahkan pintu dikunci. Sedangkan di sekolah kita harus bersungguh sungguh, mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian sekolah dengan cara belajar di rumah, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.
9. Jelaskan arti al- Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir!
Al- Alim artinya Maha MengetahuiAl-Khabir artinya Mahawaspada, mengetahui perkara yang tersembunyi.Al-Basir artinya Maha Melihat.
10. Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau-alhusna tersebut?
Sebisa mungkin mengingatkan dengan segenap kemampuan yang ada, serta mengajak untuk menjadi lebih baik.

Demikianlah tentang  Soal Latihan PAI SMP Kelas 7 Bab 1 + Kunci Jawaban diatas, semoga membantu.

0 Response to "Soal Latihan PAI SMP Kelas 7 Bab 1 + Kunci Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel