Macam Macam Sendi dan Gambarnya

materi ajar ipa tentang macam macam sendi dan gambarnya, sendi putar, sendi peluru, sendi engsel, sendi pelana, sendi kaku, sendi geser

Macam Macam Sendi dan Gambarnya. Sendi adalah tempat pertemuan antar tulang sehingga tulang bisa digerakkan. Berikut ini jelaskan mengenai macam macam sendi, yaitu sendi putar, sendi peluru, sendi engsel, sendi pelana, sendi kaku, dan sendi geser.

Sendi Putar
Sendi putar adalah sendi tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Contoh tulang sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang leher dengan tulang tengkorak.

Sendi Peluru
Sendi peluru merupakan sendi yang memungkinkan garakan se semua arah karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Contohnya adalah sendi pada ruas tulang leher paling atas, sendi pada pangkal lengan, dan sendi pada pangkal paha.

Sendi Engsel
Sendi engsel adalah sendi yang dapat digerakan ke satu arah. Contohnya adalah sendi pada siku, hubungan tulang pada lutut, hubungan tulang pada ruas jari tangan, dan pada ruas jari kaki.

Sendi Pelana
Sendi pelana adalah sendi yang bergerak ke kedua arah. Contohnya hubungan tulang pada tulang rahang dan tulang telapak tangan.

Sendi Kaku
Sendi kaku adalah persendian yang hanya sedikit menimbulkan gerak, sehingga gerakannya terbatas. Contohnya tulang rusuk, tulang dada, dan tulang belakang.

Sendi Geser
Sendi geser yaitu persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain. Contohnya sendi pada ruas tulang belakang.

Demikianlah penjelasan tentang materi ajar ipa tentang macam macam sendi diatas, semoga manambah wawasan kita semuanya.

0 Response to "Macam Macam Sendi dan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel