SOAL LATIHAN MATEMATIKA KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 KURIKULUM 2013
Materi Ajar berikut nya adalah tentang SOAL LATIHAN MATEMATIKA KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 KURIKULUM 2013, yang merupakan latihan pelajaran tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan pada pembelajaran ke 4.
Pada update yang lalu sudah dijelaskan dan dijawab tentang SOAL LATIHAN MATEMATIKA KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KURIKULUM 2013, tapi untuk pebelajaran ke 2 dan 3 tidak ada materi ajar matematikanya pada subtema 1 ini.
nah dibawah ini adalah latihan pada subtema 1 pada pembelajaran ke 4 dan masih pada tema 1 ya !, Baiklah mari kita selesaikan tugas dibawah ini yang merujuk pada buku bse kurikulum 2013, cekedoot !,
Perhatikan grafik batang tentang data kandungan vitamin C dalam satuan miligram (mg) pada beberapa jenis buah berikut.
Berdasarkan data di atas jawablah pertanyaan berikut!
a. Dari data di atas, berapakah kandungan vitamin C pada 100 gram pepaya?
b. Buah apakah yang kandungan vitamin C paling tinggi?
c. Jika kamu memakan 1 kg kiwi, berapa mg vitamin C yang kamu konsumsi?
d. Bagaimana caramu mendapatkan jawabannya?
Mari kita jawab:
a. Kandungan vitamin C pada 100 gram pepaya= 62 mg
b. Buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, yaitu Jambu Monyet karena angka kandungan vitamin C-nya adalah 265 mg, yaitu yang tertinggi di antara yang lain.
c. Kandungan vitamin C pada 1 kg kiwi = [1000 gram : 100] x 93 = 930 mg.
d. Caranya adalah satuan kilogram pada kiwi diubah menjadi gram.
Menurut Angka Kebutuhan Gizi (AKG) di Indonesia pada tahun 2007, kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa adalah 90 mg/hari, sedangkan untuk anak usia 2-5 tahun adalah 45 mg/hari.
f. Jika kamu mengonsumsi 1 kg nanas, apakah sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu?
g. Jika kamu mengonsumsi 1 kg lengkeng dan ½ kg pepaya, apakah sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu?
Mari Kita Jawab
e. Jika mengonsumsi 1/2 kg leci, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh, karena 1/2 kg = [500 gram : 100] x 71 = 355 mg.
f. Jika mengonsumsi 1 kg nanas, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu, karena 1 kg = [1000 : 100] x 56 = 560 mg
g. Jika mengonsumsi 1 kg lengkeng dan 1/2 kg pepaya, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh, karena [1000 gram: 100] x 84 + [500 gram : 100] x 62 = 1.150 mg
h. Tabel konsumsi buah setiap hari agar kebutuhan vitamin C untuk tubuh dapat terpenuhi => siswa bebas untuk mengisi sesuai buah yang mereka sukai.
2. Selain kandungan vitamin C dalam sayur dan buah, juga terdapat kandungan air yang berguna bagi tubuh. Berikut adalah data kandungan air dalam buah dan sayur.
a. Berapa persen kandungan air dalam setiap buah-buahan di atas?
b. Berapa persen kandungan yang bukan air pada setiap buah-buahan diatas?
c. Tuliskan bentuk persen dalam grafik di atas ke bentuk desimal dan pecahan.
Mari Kita Jawab
a. Persentase kandungan air dalam setiap makanan
Apel = 90%
Semangka= 95%
Jeruk = 90%
Kentang = 80%
b. Persentase kandungan bukan air pada setiap makanan
Apel = 10%
Semangka= 5%
Jeruk = 10%
Kentang = 20%
c. Mengubah bentuk persen dalam grafik ke bentuk desimal dan pecahan
Apel = 90% = 0,9 = 9/10
Semangka= 95% = 0,95 = 95/100
Jeruk = 90% = 0,9 = 9/10
Kentang = 80% = 0,8 = 8/10
0 Response to "SOAL LATIHAN MATEMATIKA KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 KURIKULUM 2013"
Post a Comment