Manfaat Hutan Bakau

Materi tematik ipa kelas 6 kurikulum 2013/ kurtilas tentang manfaat pohon / hutan bakau bagi lingkungan

Ada satu jenis tumbuhan yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan di lingkungannya. Tumbuhan apakah itu?

Ciri Ciri Pohon Bakau

Bakau merupakan tumbuhan unik yang terdapat di muara sungai, daerah pasang surut, dan pesisir laut. Tumbuhan ini unik, karena memiliki ciri-ciri gabungan dari tumbuhan yang hidup di darat dan di laut.  Bakau memiliki akar napas, yang berfungsi menyerap oksigen dari udara. Ini merupakan cara adaptasi tumbuhan terhadap  kondisi tanah yang miskin oksigen.

Manfaat Hutan Bakau

Keberadaan bakau di lingkungannya memiliki berbagai manfaat, antara lain sebagai berikut.

Melindungi pantai dari erosi dan abrasi
Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis  pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpunrumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang, sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.

Menahan rembesan air laut ke darat.

Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri
Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.

Dapatkan
Cara Merawat Rangka Tubuh Manusia
Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Daur Hidup Hewan

Pertian Dan Cara Membuat Kesimpulan

Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar.
Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan  oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.

Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut
Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai  jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.

Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.
Saat ini, terutama di kota-kota besar, keberadaan bakau di sekeliling garis pantai semakin menyusut. Hal ini disebabkan penebangan bakau secara berlebihan maupun akibat pengalihan hutan bakau menjadi area tambak, pemukiman, maupun area perindustrian. Oleh karena itu, perlu digalakkan kesadaran masyarakat untuk merehabilitasi keberadaan tanaman bakau. 

Beberapa komunitas pemerhati lingkungan berinisiatif untuk menggerakkan penanaman bakau. Kegiatan ini melibatkan masyarakat melalui pesan edukatif serta ajakan untuk melestarikan keberadaan hutan bakau di lingkungan pesisir.

Secara alami, kondisi geografis suatu lingkungan didukung oleh keberadaan makhluk hidup untuk menjaganya. Seperti tanaman bakau untuk menjaga pesisir pantai. Hal ini merupakan tugas manusia untuk tetap memelihara keberadaan tumbuhan sebagai pendukung kehidupannya.

1 Response to "Manfaat Hutan Bakau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel