Bagian-bagian, Fungsi Dan Urutan Proses Membau Pada Hidung Disertai Gambarnya

Matari Ajar - Bagian-bagian, Fungsi Dan Urutan Proses Membau Pada Hidung. Pembahasan kali ini adalah tentang materi ajar ipa mengenai bagian bagian hidung, fungsi hidung dan urutan proses membau atau mencium pada hidung serta gangguan gangguan atau penyakit yang ada hubungannya dengan hidung.

Fungsi Hidung
Hidung merupakan indra pembau atau penciuman manusia yang juga berfungsi sebagai alat pernapasan. Bersyukur kita sebagai manusia sudah dilengkapi dengan hidung, bagaiamana jadinya jika kita tidak punya hidung.

Bagian Bagian Hidung Pada Manusia
Struktur indra pembau terdiri dari  sel sel penyokong yang berupa sel epitel dan sel pembau berupa saraf yang berfungsi sebagai penerima rangsang ( reseptor ). Adapun bagian bagian hidung tersebut adalah sebagai berikut :

Bagian bagian hidung manusia beserta fungsinya

1. Lubang hidung
Pada bagian berhubungan dengan rongga hidung yang mana berfungsi menahan kotoran masuk ke dalam hidung dan menghasilkan lender.
2. Bulu hidung
Terdapat di lubang hidung dan berfungsi sebagai penyaring kotoran yang masuk ke dalam hidung.
3. Rongga hidung
Rongga hidung ini memiliki fungsi yang lebih penting diantara semuanya. Pada rongga hidung, berfungsi sebagai pencium bau serta untuk pernafasan.
4. Sel saraf pembau
Sudah jelas seperti namanya yakni saraf pembau tentunya memiliki fungsi menangkap adanya zat kimia yang ada di dalam udara dan kemudian anda bisa membaui bau yang ada di udara.
5. Sinus
Bagian hidung ini yakni terdapat 4 buah yang mana sudah ada sejak namusia dilahirkan..
6. Tulang rawan
Fungsi tulang rawan yakni sebagai pembentuk hidung. Jadi bagaimana bentuk hidung anda saat ini adalah karena adanya tulang rawan.
7. Pemisah (septum)
Septum yakni yang memisahkan hidung menjadi dua bagian atau 2 rongga yang mana membentengi hidung ke dari depan hingga ke dalam hidung.
8. Saluran penghubung antara hidung dan tenggorokan


Urutan Proses Membau/ Mencium Pada Hidung
Bau di udara pernapasan --> Masuk rongga hidung --> Larut dalam selaput lendir --> diterima saraf pembau --> menuju otak --> terjadi kesan/ respon bau.

Zat bau yang terlarut dalam gas yang masuk melalui udara inspirasi/ bernapas, melakat pada lendir hidung. Kemudian timbul impuls/ rangsangan yang dihantarkan melalui saraf untuk disampaikan ke otak. Dari otak akan timbul respon bau, seperti bau harum, tengik, tau bau tidak sedap

Gangguan Kesehatan Pada Hidung
Beberapa gangguan kesehatan pada hidung diantaranya adalah Influenza / pilek yang disebabkan oleh virus, Polip atau daging yang tumbuh di hidung, Anosmia atau ketidakmampuan hidung untuk mencium bau yang disebabakan oleh gangguan pada urat saraf pembau/ penciuman.

Demikianlah telah dibahas mengenai fungsi hidung, gambar bagian bagian hidung beserta fungsinya, urutan proses membau atau mencium pada hidung, serta gangguan kesehatan pada hidung, semoga bisa menambah wawasan kita semua.

0 Response to "Bagian-bagian, Fungsi Dan Urutan Proses Membau Pada Hidung Disertai Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel