Batang Tenggorokan Dan Bagian Bagiannya

Halo sobat kali ini admin akan mempublish tentang Batang Tenggorokan Dan Bagian Bagiannya. Setelah sebelumya sudah diposting tentang Bagian dan Fungsi Hidung, dan Bagian Bagian Pada Pangkal Tenggorokan.

Baca Juga :  Macam-Macam Benda Magnetik

Di belakang rongga hidung terdapat saluran yang disebut batang tenggorokan (trakea). Batang tenggorokan tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Batang tenggorokan berguna sebagai tempat lewatnya udara.

Di pangkal batang tenggorokan terdapat katup yang mengatur proses membuka dan menutupnya saluran pernapasan. Batang tenggorokan merupakan saluran pernapasan yang terletak di depan saluran makanan (kerongkongan).

Penjelasan tentang Batang, cabang batang, anak cabang batang tenggorokan


Keterangan:
1. Hidung
2. Mulut
3. Kerongkongan (jalan masuk makanan ke dalam lambung)
4. Tenggorokan (jalan masuk udara ke paru-paru)
5. Langit-langit
6. Katup tenggorokan mem- buka (udara masuk ke tenggorokan)
7. Katup tenggorokan menutup (makanan masuk ke kerongkongan)

Jika kita sedang berbicara, maka katup akan turun dan menutupi saluran makanan. Jika kita sedang menelan makanan, maka katup akan terangkat sehingga saluran makanan terbuka, sedangkan saluran udara tertutup. Bagaimanakah jika kita makan sambil berbicara atau tertawa?

Baca Juga : Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Daur Hidup Hewan 

Jika ada debu atau kotoran yang masuk ke dalam batang tenggorokan, maka dinding batang tenggorokanakan saling bergesekan. Selanjutnya, terjadi hembusan udara yang kuat untuk mengeluarkan debu atau kotoran tadi. Keadaan demikian dinamakan batuk. Debu atau kotoran dapat dilontarkan kembali oleh bulu-bulu halus yang terdapat pada dinding batang tenggorokan.

Cabang Batang Tenggorokan

Batang tenggorokan bercabang dua di bagian bawah. Masing-masing lubang menuju ke paru-paru kanan dan kiri. Seperti juga batang tenggorokan, cabang batang tenggorokan (bronkus) tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Bronkus (jamak: bronkia) hanya berfungsi sebagai tempat lalu lintas udara pernapasan.

Anak Cabang Batang Tenggorokan

Cabang batang tenggorokan bercabang dua dan tiga sesuai dengan jumlah gelambir (lobus) paru-paru. Cabang tenggorokan yang menuju paru-paru kanan bercabang tiga. Cabang tenggorokan yang menuju paru-paru kiri bercabang dua.

Masing-masing percabangan ini bercabang lagi menjadi saluran-saluran kecil yang disebut bronkiolus (jamak: bronkioli). Percabangan ini berakhir sebagai gelembunggelembung yang sangat kecil.

0 Response to "Batang Tenggorokan Dan Bagian Bagiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel