Bagian Dan Fungsi Usus Halus Pada Sistem Pencernaan

Bagian Dan Fungsi Usus Halus Pada Sistem Pencernaan . Usus halus (intestinum) merupakan saluran pencernaan terpanjang. Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Bagian pertama dari usus halus adalah usus dua belas jari. Di dalam usus ini terdapat saluran yang berasal dari kantong empedu dan pankreas.
Penjelasan materi ipa tentang Bagian Dan Fungsi Usus Halus Pada Sistem Pencernaan

Keterangan:
1. Usus dua belas jari
2. Usus kosong
3. Usus penyerapan
4. Usus buntu
5. Umbai cacing
6. Usus besar
7. Rektum
8. Anus

Empedu menghasilkan garam empedu yang berperan membantu mencerna lemak. Pankreas menghasilkan enzim makanan, yaitu enzim tripsin yang berfungsi memecah protein menjadi asam-asam amino serta enzim lipase yang berfungsi  mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Di dalam usus dua belas jari, makanan berubah bentuk menjadi seperti bubur yang lumat dan encer.

Usus kosong merupakan kelanjutan dari usus dua belas jari
. Disebut usus kosong karena usus ini tidak menghasilkan enzim. Pencernaan secara enzimatis masih dilakukan di dalam usus kosong sebagai kelanjutan dari pencernaan di dalam usus dua belas jari.

Usus penyerapan panjangnya antara 0,75 m sampai dengan 3,5 m. Di dalam usus penyerapan terjadi proses penyerapan sari-sari makanan. Permukaan dinding dalam usus penyerapan berjonjot sehingga sari-sari makanan terserap dengan baik.

Hasil akhir pencernaan berupa glukosa, fruktosa, galaktosa, asam lemak, gliserol, dan asam-asam amino. Vitamin dan mineral tidak dicerna, baik secara mekanik maupun kimiawi/enzimatis.

Glukosa, fruktosa, galaktosa, gliserol, vitamin, mineral, dan asam amino diserap oleh darah. Selanjutnya, zat-zat tersebut diedarkan ke seluruh tubuh. Asam lemak diserap oleh getah bening. Pembuluh getah bening bermuara juga pada pembuluh darah.

Demikianlah Penjelasan materi ipa tentang Bagian Dan Fungsi Usus Halus Pada Sistem Pencernaan diatas semoga bermanfaat. salam.

0 Response to "Bagian Dan Fungsi Usus Halus Pada Sistem Pencernaan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel