Urutan Proses Melihat Pada Mata

urutan dan proses terjadinya penghilatan

Urutan Proses Melihat Pada Mata. Bagaimana proses terjadinya penglihatan pada mata ? Kemampuan mata memberi gambaran tentang yang ada di sekitar kita, disebut kemampuan melihat. Pada retina ada sel-sel saraf yang bertugas menerima rangsang cahaya. Bayangan yang diterima oleh sel-sel itu, akan diteruskan ke otak. Dalam otak itulah sel-sel saraf akan membentuk kesan. Sehingga
kita bisa mengetahui bentuk, warna, dan sebagainya.

urutan proses terjadinya penglihatan pada mata

Percobaan di atas merupakan model terbentuknya bayangan pada mata. Senter merupakan sumber cahaya, kertas hitam berlubang segitiga merupakan benda yang dilihat, lup/lensa mewakili lensa mata, stoples berisi air merupakan isi dari bola mata kita, sedang kertas hitam pada dinding belakang botol menggambarkan retina

Baca Juga: Cara Merawat Rangka

Dengan mengubah-ubah jarak senter ke benda, carilah bayangan yang paling jelas! Kemudian amati bayangan yang terbentuk pada kertas hitam! Perhatikan ukuran bayangan (diperbesar, sama, atau diperkecil), dan bentuk bayangan (terbalik atau tegak)!

Proses melihat dapat dijelaskan sebagai berikut:

Cahaya yang dipantulkan oleh benda → ditangkap oleh kornea → melewati pupil  → lensa  →  retina  →  bayangan → otak → kesan melihat.

Mata yang berfungsi untuk melihat harus dijaga, misalnya jangan membaca sambil tiduran atau membaca dalam jarak dekat, jangan melihat cahaya yang terlalu menyilaukan, dan masih banyak lagi.

0 Response to "Urutan Proses Melihat Pada Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel