Pengertian Medan Magnet

Pengertian Medan Magnet - Medan magnet adalah daerah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet.

gambar medan magnet

Garis-garis yang terbentuk di atas kertas karton adalah garis-garis kekuatan magnet yang bekerja pada serbuk besi. Daerah yang berada dalam garis-garis itulah yang disebut medan magnet. Bila magnet kita gerak-gerakkan, maka serbuk besi ikut bergerak.

Jika magnet dijauhkan dari kertas karton, maka serbuk besi tidak lagi dipengaruhi oleh gaya magnet. Jadi, ketika magnet digerak-gerakkan, serbuk besi tidak ikut bergerak karena berada di luar medan magnet.

materi ajar tentang Pengertian Medan Magnet

Medan magnet yang paling kuat terletak pada ujungujungnya yang disebut kutub magnet. Dalam bentuk apa pun, magnet selalu mempunyai dua kutub magnet. Kutubkutub magnet tersebut diberi nama kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Kadang-kadang nama kutub ini ditulis dalam bahasa Inggris, yaitu North (N) untuk utara dan South (S) untuk selatan. Pada kompas saku terdapat hurufhuruf N, S, dan E, W. Dua huruf terakhir adalah East (Timur) dan West (Barat).

0 Response to "Pengertian Medan Magnet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel