Daur Hidup Kupu-kupu Contoh Metamorfosis Sempurna


Kupu-kupu berasal dari telur. Setelah menetas, telur-telur itu menjadi ulat. Kemudian ulat berubah menjadi kepompong, selanjutnya berubah menjadi kupu-kupu. Keberadaan kupu-kupu di taman memang sangat menyenangkan. Warna sayapnya yang indah menjadikan pemandangan lebih menarik. 

Namun di sisi lain, keberadaan kupu-kupu sangat berbahaya. Jika kupu-kupu banyak, maka kupu-kupu tersebut akan bertelur di daundaun tanaman. Setelah telur-telur itu menjadi ulat, maka daun-daun tanaman akan habis dimakannya.

Kapan telur berubah menjadi ulat? Setelah lebih kurang 2 minggu sampai 1 bulan, telur menetas menjadi ulat. Ulat lalu mulai memakan pucuk tumbuhan yang masih lunak. Ulat mengalami lima kali pergantian kulit. Pada ulat ditemukan kelenjar sutra, yaitu perubahan kelenjar ludah yang terdapat pada bibir bawah. Sutra inilah yang digunakan untuk membuat kepompong (pupa). Ulat yang sudah siap menjadi kupu-kupu akan merayap mencari tempat untuk bergantung menjadi kepompong. 

Periode kepompong berlangsung selama 2 minggu sampai beberapa bulan. Setelah sempurna bentuk kupu-kupunya, kepompong tadi akan membuka. Muncullah seekor kupu-kupu yang indah dan siap terbang.  Apa makanan kupu-kupu? Kupu-kupu hidup dengan memakan nektar (madu) yang ada di dasar bunga.

0 Response to "Daur Hidup Kupu-kupu Contoh Metamorfosis Sempurna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel