Daur Hidup Katak Contoh Metamorfosis Sempurna

Daur Hidup Katak Contoh Metamorfosis Sempurna. Katak termasuk hewan yang hidup di dua alam, karenanya disebut hewan amfibi. Katak menguntungkan manusia. Katak dapat membasmi nyamuk dan kecoak. Bahkan saat ini, katak hijau dan beberapa jenis katak lainnya telah dijadikan sebagai hewan budi daya. Penjualannya pun sudah menembus pasaran ekspor.

Materi ajar ipa tentang Daur Hidup Katak Contoh Metamorfosis Sempurna


Metamorfosis katak sangat unik, yaitu melalui tiga tahapan, antara lain telur, kecebong (berudu), dan katak dewasa. Katak betina bertelur di dalam air. Telur katak terlihat bertumpuk di dalam air karena ada zat lendir, sehingga seolaholah berhubungan satu dengan lainnya. Setelah lebih kurang 10 hari, telur tersebut menetas menjadi kecebong (berudu) yang bentuknya menyerupai ikan. Kecebong bernapas dengan insang, hidupnya di air.

Selanjutnya, kecebong tersebut akan muncul kaki belakang dan disusul dengan kaki depan yang disebut kecebong berkaki dan berekor. Setelah beberapa hari, ekor kecebong tersebut menyusut dan kemudian hilang. Akhirnya, jadilah katak muda yang siap pergi ke darat dan terus tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa bernapas dengan paruparu dan kulit.

0 Response to "Daur Hidup Katak Contoh Metamorfosis Sempurna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel