Bagian, Jenis dan Fungsi Daun

Daun adalah bagian dari tumbuhan yang memberikan warna hijau yang cukup dominan pada pohon. Daun tumbuh dan menempel pada bagian batang pohon.

bagian, jenis dan fungsi daun

Bagian-Bagian Daun 
Pada tanaman yang memiliki daun lengkap, daun terdiri dari tangkai daun, pelepah daun, dan helai daun. Contoh daun yang merupakan daun lengkap adalah daun pohon pisang. Terdapat pula tanaman yang memiliki daun tidak lengkap, yaitu yang hanya memilki tangkai daun dan helai daun saja. Contoh daun yang merupakan daun tidak lengkap adalah daun pohon jeruk, karena tidak memilki pelepah daun.

Jenis-Jenis Daun
Berdasarkan bentuk tulang daunnya, daun dibedakan menjadi daun bertulang daun menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar. Contoh daun yang memilki tulang daun menyirip adalah daun pohon mangga. Contoh daun yang memilki tulang daun menjari adalah daun pohon pepaya. Contoh daun yang memilki tulang daun melengkung adalah daun pohon sirih. Contoh daun yang memiliki tulang daun sejajar adalah daun pohon jagung.

Fungsi Daun
Daun merupakan bagian yang memegang peranan yang sangat penting bagi tumbuhan. Fungsi utama daun pada tumbuhan adalah sebagai tempat membuat makanan atau tempat terjadinya proses fotosintesis. Selain itu, daun juga berguna sebagai tempat penguapan air dan sebagai alat pernapasan pada tumbuhan.
bagian, jenis, dan fungsi daun

Demikianlah, bagian-bagian, jenis-jenis dan fungsi daun yang sudah di paparkan, semoga bisa bermanfaat.

2 Responses to "Bagian, Jenis dan Fungsi Daun"

  1. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
    Salam kenal gan dari Manisan kolang kaling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal Juga. Mkash udah berkunjung !

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel