Upaya Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan

Upaya Pelestarian Jenis Makhluk Hidup - Bagaimanakah cara penanggulangan perburuan dan penebangan liar bagi hewan dan tumbuhan yang hampir punah?

Hewan dan tumbuhan sangat berguna bagi manusia. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, juga berguna untuk Ilmu Pengetahuan. Alam merupakan tempat belajar yang paling luas. Dari alam kita dapat belajar banyak hal. Maka dari itu harus ada cara pelestarian  bagi tumbuhan dan hewan langka tersebut.

Upaya Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan kebun binatang


Upaya pelestarian Hewan dan Tumbuhan dapat dilakukan dengan cara:

1. Adanya Peraturan Perburuan Hewan Langka dan Penebangan Hutan 
Undang-undang perburuan bertujuan supaya hewan-hewan langka dapat dilestarikan. Bagi mereka yang melanggar akan mendapatkan hukuman yang setimpal. Dengan adanya peraturan penebangan hutan diharapkan hutan tidak cepat gundul dan beberapa tumbuhan yang langka dapat dilestarikan.

2. Pembudidayaan Hewan Langka
Cara yang dapat dilakukan  untuk melestarikan hewan langka di antaranya pembudidayaan. Dengan membudidayakan hewan langka, jumlahnya akan semakin bertambah. Contoh budidaya yang sudah dilakukan adalah budidaya buaya. Kulit buaya digunakan untuk membuat kerajinan seperti tas, dan ikat pinggang. Barang-barang ini bernilai jual tinggi. Dengan adanya budidaya kebutuhan bahan dasar kerajinan terpenuhi dan keberadaannya tetap terjaga.

3. Dibuat Suaka Margasatwa
Margasatwa adalah tempat untuk melindungi hewan-hewan liar yang hampir punah. Misalnya, untuk melindungi keberadaan badak jawa, dibuat Suaka Margasatwa di Ujung Kulon.

Upaya Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan suakamargasatwa

4. Kebun Binatang
Kebun binatang dibangun untuk memperkenalkan kepada masyarakat jenis-jenis hewan yang dilindungi karena keberadaannya sudah hampir punah. Dengan adanya kebun binatang, kita dapat
mempelajari berbagai jenis binatang yang terdapat di sana.

5. Cagar Alam
Cagar alam dibangun untuk melindungi jenis tumbuhan dan hewan yang dilindungi dan hampir punah. Di cagar alam terdapat berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang dilindungi oleh pemerintah agar tidak mengalami kepunahan.

0 Response to "Upaya Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel